Sunday, September 23, 2012

Tips Menghilangkan Bau Mulut setelah makan Jengkol

Jengkol, Anda orang Indonesia pasti mengenal makanan yang satu ini. Sepiring nasi hangat, sambel, asin, leunca, dengan senjata pamungkas jengkol sebagai lalapan bikin ngiler... dijamin nambah terus, namun sayang setelah makan jengkol kita jadi minder dikarenakan mulut mengeluarkan bau tak sedap disebabkan minyak jengkolat yang terkandung didalam jengkol.

Padahal didalam jengkol yang dalam bahasa latin  bernama Archidendron pauciflorum terdapat dalam 100 gram Jengkol mengandung energi 133 kkal, protein 23,3 gram, karbohidrat 20,7 gram, vitamin A 240 SI, vitamin B 0,7 mg, vitamin C 80 mg, fosfor 166,7 mg, kalsium 140 mg, besi 4,7 mg, dan air 49,5 gram. Sebagai catatan, angka kecukupan gizi vitamin C yang dianjurkan per hari adalah 75 mg untuk wanita dewasa dan 90 mg untuk pria dewasa. serta protein sebanyak 23,3 gram per 100 gram melebihi tempe yang hanya yaitu hanya 18,3 g per 100 g.

Didalam jengkol juga terdapat zat besi sebanyak 4,7 gram per 100 gram juga mengandung kalsium sebanyak  140 mg/ 100 g bahkan senyawa aktif dalam kulit halus buah cenderung menunjukkan efek penurunan kadar gula darah yang besar sehingga baik untuk penderita diabetes.

Didalam beberapa tulisan tentang jengkol yang saya baca banyak sekali yang membahas khasiat dan kegunaan jengkol untuk kesehatan, silahkan searching, nah untuk melengkapi literartur itu saya mempunyai sedikit info yaitu cara menghilangkan atau mengurangi bau mulut serta "pembuangan limbah"  di WC jengkol, sehingga  para penggemar jengkol bisa tetap mengkonsumsinya tanpa khawatir menimbulkan bau yang menganggu

Menurut pengalaman beberapa rekan-rekan sesama penggemar jengkol ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi bau jengkol diantaranya mengkonsumsi mentimun dan berkumur dengan air rebusan sirih namun itu hanya menghilangkan bau mulut saja. 

Yang paling berhasil yang saya rasakan anda bisa mencoba mengkonsumsi coklat batangan seperti Silver Queen atau Fonnut yang agak murah pokoknya makanan berbentuk coklat batangan, karena saya mencoba olahan coklat lain seperti beng beng atau Top kurang berpengaruh walau memang terasa ada sedikit efek.

Sengaja saya menyebutkan merk agar anda bisa dengan mudah mencarinya :) seandainya anda mengalami hal yang sama atau mempunyai pengalaman lain tentang Menghilangkan Bau Mulut setelah makan Jengkol, saya tunggu sharingya. Semoga bermanfaat   
Silahkan Baca juga Cara Mencegah Keracunan Jengkol serta cara Mengatasinya



9 comments